Jumat, 11 September 2015

Menggunakan Email Google untuk SMTP server

Menggunakan Gmail Google untuk SMTP server - Mukti Blog

Email mempunyai banyak manfaat, diantaranya untuk mempermudah komunikasi antar perorangan maupun bisnis. banyak sekali Email server yang gratis, diantaranya Gmail. Gmail merupakan layanan email yang disediakan oleh Google secara gratis maupun berbayar.

Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan cara menggunakan SMTP server Gmail. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) merupakan suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan email antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah email, komputer kita akan mengarahkan email tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail server tujuan. Mail server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah kita, atau kotak PO BOX di kantor pos. Email-email yang terkirim akan "nongkrong" di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan email tersebut tergantung kapan si penerima memeriksa account emailnya. 

Pada umumnya SMTP telah anda peroleh melalui provider (ISP) anda. Jika anda belum mengetahui alamat SMTP provider, silakan hubungi ISP anda atau jika anda tidak mempunyai SMTP server, anda bisa mengguankan SMTP server yang disediakan oleh Google, tentunya dengan syarat anda harus mempunyai akun google atau gmail dahulu.

Cara menggunakan SMTP server Gmail, tambahkan alamat SMTP username password port ke pengaturan email klien yang digunakan. berikut detail SMTP Gmail:

SMTP Server: smtp.gmail.com
SMTP Username: example@gmail.com
SMTP Password: password Anda (jika Anda telah memilih metode otentikasi)
Port SMTP (SSL): 25 atau 465
Port SMTP (TLS): 587
SMTP TLS / SSL diperlukan: yes



Penting untuk diingat server Gmail menetapkan batas untuk mencegah spammer menggunakan 100 penerima sekaligus dan 500 pesan per hari. Jika Anda melebihi pembatasan ini, Google akan memblokir akun Anda.

3 komentar:

  1. kalau boleh tau maximal dari penggunakan smtp ini beruapa mailist ya?

    BalasHapus
  2. kalau boleh tau maximal dari penggunakan smtp ini beruapa mailist ya?

    BalasHapus

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>